Cara Backup System Windows 7 dan Backup Hardisk dengan Membuat System Image

Backup System Windows 7 dan backup hardisk dengan membuat System Image, apa itu maksudnya? Jadi, Windows 7 memungkinkan kita untuk melakukan backup system Windows beserta backup hardisk yang hasilnya nanti berupa sebuah system image. System image sendiri adalah salinan drive yang diperlukan untuk menjalankan Windows beserta salinan data hard drive yang kita pilih. System image ini nantinya dapat Anda pergunakan untuk mengembalikan komputer Anda (restore komputer) seperti kondisi semula, jika sewaktu-waktu hard drive (hardisk) atau komputer Anda tidak berjalan sebagaimana mestinya. Hebatnya lagi, cara ini tanpa menggunakan bantuan software System Windows apapun.

Begitu pentingnya fungsi system image ini, maka ada baiknya Anda memilikinya dengan cara menyimpannya ke dalam CD/DVD. Bagaimana caranya? Agar lebih mudah, silahkan mengikuti langkah-langkah cara backup system Windows 7 dan backup hardisk dengan membuat System Image berikut ini

1. Masukkan CD/DVD kosong ke dalam CD/DVD Drive.

2. Klik tombol Start, kemudian pilih Control Panel.

3. Di jendela yang muncul, tepatnya pada opsi System and Security, pilih Back up your computer.

4. Di jendela yang berikutnya, pilih opsi Create a system repair disc seperti gambar ini.

5. Di kotak dialog yang muncul akan ada 3 opsi yang bisa Anda pilih sebagai lokasi/media penyimpanan, namun sangat dianjurkan bila Anda memilih opsi kedua, yakni On one or more DVDs, lalu tekan Next.

6. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih salah satu atau semua hard drive yang akan di backup bersama dengan system image, lalu tekan Next.

7. Selanjutnya akan muncul konfirmasi mengenai hard drive yang akan di backup seperti yang sudah Anda pilih sebelumnya termasuk Hard Drive C (System Windows), setelah itu tekan Start Backup.

8. Terakhir, tunggu hingga proses penyimpanan selesai.

Dari proses yang sudah kita lihat bersama, kelebihan dari “Cara Backup System Windows 7 dan Backup Hardisk dengan Membuat System Image” ini dibandingkan dengan “Cara Backup System Windows 7 dengan Membuat System Repair Disc“ seperti yang sudah dibahas sebelumnya adalah kita bisa menyimpan system Windows bersamaan dengan data hardisk.

1 komentar :

Agung Setyawan mengatakan...

Dvdnya harus seukuran sama data yang mau di backup gk ?

Poskan Komentar