Cara Backup System Windows 7 dengan Membuat System Repair Disc

Pernah mengalami kejadian di mana komputer Anda tidak mau hidup lantaran Windows corrupt atau error ? Atau Anda bingung ketika ingin instal ulang Windows atau memperbaiki Windows yang error / corupt tetapi tidak memiliki software Windows 7 ? Nah, pertanyaan-pertanyaan inilah yang nantinya bisa diatasi, seandainya Anda melakukan back up system Windows 7 sebelumnya. Ya, cara backup system Windows 7 dengan membuat system repair disc yang akan kita bahas di sini akan menjadi solusi ketika suatu saat komputer Anda berhenti bekerja. Menariknya lagi, ini tanpa bantuan software backup Windows.

Hasil backup sistem Windows 7 ini nantinya adalah berupa system image yang disimpan ke dalam media CD/DVD. Media CD/DVD yang sudah berisi perbaikan system ini nantinya dapat digunakan untuk melakukan boot komputer Anda. Selain itu, Windows system recovery tools yang terdapat di dalamnya juga akan membantu Anda dalam melakukan recover Windows dari error atau restore komputer Anda melalui system image yang sudah dibuat.

Adapun cara membuat disk perbaikan system atau juga biasa disebut dengan cara backup system Windows adalah sebagai berikut:

1. Pertama-tama masukkan CD/DVD kosong ke dalam CD/DVD Drive.

2. Klik tombol Start, lalu pilih Control Panel.

3. Di jendela yang muncul, tepatnya pada opsi System and Security, pilih Back up your computer.

4. Di jendela yang tampil, pilih opsi Create a system repair disc seperti berikut.

5. Di kotak dialog yang muncul, tentukan drive yang sudah berisi DVD kosong, lalu tekan Create disc.

6. Tunggu proses pembuatan disk perbaikan system Windows hingga selesai, lalu tekan OK.

Nah, sekarang Anda sudah memiliki backup system Windows 7 yang bisa Anda gunakan kembali jika suatu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada komputer Anda. Sekadar informasi tambahan, bahwa besarnya file yang sudah dibuat untuk Windows 7 (64 bit) hanya sebesar 164 MB.

Perbedaan “Cara Backup System Windows 7 dengan Membuat System Repair Disc“ ini dibandingkan dengan “Cara BackUp System Windows 7 dan Backup Hardisk dengan Membuat System Image” seperti yang sudah dibahas adalah di sini kita hanya bisa menyimpan System Windows saja tanpa menyertakan data hard disk.

2 komentar :

prenz james mengatakan...

wihh baru saya liat posting ini.. padahal saya baru install laptop saya... sekarang saya akan mempraktekannya.. thaks ya bossss...
numpang promo blog ya
kaprikon.blogspot.com

racman widjaya mulya mengatakan...

wajib di coba nehh... Makasih infonya gan...

Poskan Komentar